Bacalah
paragraf berikut
untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1)Salah satu
proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum
2013 adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Kreativitas
siswa sangat penting, terlihat dan bergesemya peran guru. (3) Dahulu, guru
sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberi
kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dan kreatif sehingga
menyenangkan. (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan sulit jika
fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa dapat
tumbuh dan berkembang dengan baik apabila Iingkungan sekolah turut mendukung.
|
1. Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor
A.
(1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
2. Makna kreativitas
pada kalimat nomor (1) pada paragraf tersebut adalah
A. banyak ide
B. daya cipta
C. dapat berbuat
D. sangat cekatan
E. tepat guna
3.
Bacalah paragraf berikut!
(1) Sumber protein yang sangat baik
adalah tempe yang berasal dan kedelai yang difermentasi. (2) Dalam tempe
terkandung asam amino esensial yang dapat memperbaiki otot, seperti yang
terdapat dalam daging. (3) Tempe mempunyai kelebihan, mengandung kalsium dan
protein lebih banyak daripada sumber protein yang lain. (4) Tempe banyak dikonsumsi
oleh masyarakat Indonesia. (5) Selain merupakan produk fermentasi, tempe
mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi usus yang hampir serupa dengan
yogurt.
|
Kalimat yang tidak padu
terdapat nomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
4.
Bacalah paragraf berikut!
Pembangunan agrobisnis merupakan
paradigma pembangunan pertanian yang didasarkan pada prinsip-prinsip bisnis. Dengan demikian, secara otomatis
strategi ini dibangun dengan mempertimbangkan dinamika daya saing agrobisnis
dalam perdagangan global. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah
perdagangan di domestik dan pasar global. Upaya ini dilakukan dengan melihat
peluang pasar dan menganalisis dinamika permintaan pasar.
|
Mengapa pembangunan agrobisms dikembangkan
dengan prinsip-prinsip bisnis?
A. Agar meningkatkan akses pelaku agrobisnis di
pasar lokal dan global.
B. Untuk meningkatkan daya saing agrobisnis dalam
perdagangan global.
C. Supaya dapat meningkatkan kemampuan para pelaku
bisnis.
D. Agar mampu menganalisis dinamika permintaan para
pelaku pasar.
E. Untuk mencoba mengembangkan agrobisnis sesuai
dinamika pasar.
5.
Bacalah paragraf berikut!
(1) Anggaran Rp3—4
triliun dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan operasional di Perguruan
Tinggi Negeri (PTh). (2) Angka sebesar itu dapat menutupi biaya di luar SPP.
(3) Uang gedung dan pengembangan sudah ditutupi anggaran pemerintah melalui
bantuan operasional PTN. (4) Narnun, kebijakan itu tidak memiliki payung
hukum yang kuat. (5) Sementara, sebanyak 92 PTN di Indonesia telah terdaftar
menerima biaya kebutuhan riset, beasiswa, dosen, dan pembangunan gedung dan
Biaya Operasional (BO) PTN.
|
Kalimat yang berisi fakta pada teks
tersebut adalah
A. (l)dan(2)
B. (l)dan(3)
C. (2)dan(4)
D. (3)dan(4)
E. (3)dan(5)
Bacalah
paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Pernanasan
global merupakan masalah serius yang sedang mengancam bumi kita saat ini.
Pemanasan global adalah peningkatan suhu permukaan bumi karena berbagai
faktor. Penelitian menemukan bahwa dalam 30 tahun terakhir, suhu bumi
khususnya di wilayah Eropa telah rneningkat 60%. Tahun 2007 merupakan tahun
pemecah rekor baru untuk suhu panas bumi. Daerah St. George, Utah Amerika
Senikat memegang rekor tertinggi dengan suhu mencapai 48°C. Sebagai
perbandingan, suhu Kota Surabaya yang terkenal panas hanya berkisar antara
30°-37°C.
|
6. Ide pokok paragraf tersebut adalah
A. peningkatan suhu
B. perbandingan suhu
C. panas bumi
D. permukaan bumi
E.pemanasan global
7. Tujuan penulis
dalain paragraf tersebut
adalah
A. menceritakan terjadinya pemanasan global
B. membuktikan pengaruh pemanasan global
C. menjelaskan
terjadinya pemanasan global
D. menggambarkan proses pemanasan global
E. mengimbau pencegahah pemanasan global
8.
Bacalah teks berikut!
(1)
Awal pembentukan badai berada di perairan tropis atau sub-tropis sebagai
pusat tekanan rendah dan kumpulan panas serta awan. (2) Badai tropis dapat
terbentuk jika suhu permukaan laut Iebih dan 27°C dan kondisi interaksi laut,
serta atmosver mendukung. (3) Badai tropis dapat berkembang menjadi besar
dengan kecepatan angin sebesar 3 9-73 milljam. (4) Semakin rendah nilai
tekanan udara dan semakin besar luas pusat tekanan rendah tersebut, maka akan
semakin besar angin yang ditimbulkan. (5) Energi panas yang dilepaskan oleh
uap air akan terkumpul menjadi energi penggerak dan badai tropis.
|
Kata tidak baku dalam paragraph tersebut terdapat path kalimat
nomor..
A. (1)dan(2)
B. (2)dan(3)
C. (2)dan’(4)
D. (3)dan(5)
E. (4)dan(5)
Bacalah
kutipan biografi berikut untuk soal nomor 9 dan 10!
Mochtar
Lubis sangat memikirkan nasib seluruh karyawannya. Ia turun mencarikan
pekerjaan para karyawannya setelah surat kabar Indonesia Raya yang
dipimpirinya dibredel. Tentang nasib agen-agen dan seluruh lopernya, ia
berkeyakinan akan tetap baik karena masih ada koran-koran yang terbit. “Saya
tidak mau menandatangani surat pernyataan yang disodorkan pemerintah,” kata
Muchtar Lubis “karena malu kepada teman-teman saya pejuang kemerdekaan.”
|
9. Hal yang dapat
diteladani dan Mochtar Lubis adalah
A.
Membantu perekonomian dan mencarikan pekerjaan para karyawannya setelah surat
kabar Indonesia Raya dibredel.
B.
Perekonomian karyawannya dibantu dan diberikan pekerjaan setelah surat kabar
“Indonesia Raya” yang dipimpinnya dibredel.
C.
Membuka lapangan kerja baru untuk para karyawannya setelah surat kabar “Indonesia
Raya” dibredel.
D.
Sangat memikirkan nasib karyawannya dan mencanikan pekerjaan bagi para
karyawannya setelah surat kabar “Indonesia Raya” dibredel.
E.
Sangat kasihan terhadap karyawannya dan membantu membuka lapanan kerja setelah
surat kabar “Indonesia Raya” dibredel.
10. Mengapa .Mochtar
Lubis tidak mau menandatangani surat yang disodorkan pernerintah?
A. Ia sedang memikirkan
nasib karyawannya.
B. Surat kabar yang
dipimpinnya dibredel pemerintah.
C. Masih ada
koran-koran yang terbit.
D. Menginginkan
kemerdekaan pers.
E. Ia merasa malu
kepada pejuang kemerdekaan.
Bacalah
kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
Pembentukan
karakter berdasarkan kearifan lokal, seharusnya sudah tertanam sejak
pendidikan di keluarga. Mulai dalam keluarga kecil, sudah ditanamkan kearifan
lokal berupa nilai-nilai kejujuran dan tidak lengah terhadap uang. Kearifan
itu tidak serta merta melekat dalam din masyarakat sejak dini.
Komisi
Pemberantasan Korupsi secara intensif melakukan studi tentang korelasi
kearifan lokal dengan berbagai tindakan korupsi di Indonesia. Seluruh
komponen masyarakat, termasuk budayawan dan pakar Antropologi, hendaknya ikut
rnembangkitkan budaya antikorupsi dalam rumah tangga.
|
11. Pendapat penulis dalam kutipan tajuk rencana
tersebut adalah
A.
Prihatin terhadap semakin banyaknya korupsi di Indonesia.
B.
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus tuntas menangani koruptor.
C.
Penanaman nilai-nilai kejujuran di masyarakat dilakukan sejak lama.
D. Seluruh komponen masyarakat harus
ikut rnembangkitkan budaya antikorupsi.
E.
Kearifan lokal harus melekat pada anggota Komisi Pemberantasan Korupsi.
12. Pihak yang dituju oleh penulis
dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah
A. anggota KPK
B. pernerintah
C. keluarga
D. keluarga kecil
masyarakat
13. Bacalah
teks laporan hash observasi berikut!
Teks
I
Gajah
Sumatra
Gajah
Sumatra adalah subspesies dan gajah asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatra. Gajah Sumatra berpostur
lebih kecil daripada spesies gajah
india. Sekitar 2000-2300
ekor gajah sumatra tersisa di alam
liar berdasarkan survei tahun 2000.
Sebanyak
65% populasi gajah sumatra lenyap
akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni. Sekitar 83% habitat gajah sumatra telah menjadi
wilayah perkebunan.
|
Teks
2
Kelinci
Sumatra
Kelinci
adalah hewan mamalia. Dahulu
hewan
ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun 1972,
kelinci dikiasifikasikan
dalam ordo lagomorpha.
Ordo
ini dibedakan menjadi dua famili,
yakni
ochtonidae dan laporidae. Kelinci
berasal
dan bahasa Belanda. Hal ini
menunjukkan
bahwa masyarakat Nusantära mulai
mengenali kelinci saat masa kolonial.
Padahal di Pulau Sumatra ada satu
spesies kelinci Sumatra yang baru ditemukan pada tahun 1972.
|
Perbedaan isi kutipan
teks laporan hasil observasi tersebut adalah....
|
Teks 1
|
Teks 2
|
A.
|
Sejarah keberadaan gajah
|
kcadaanterkir kelinci
|
B.
|
keadaan gajah sumatera
|
Sejarah keberadaan kelinci
|
C.
|
Perkembangang gajah
|
Perkembangan keberadaan kelinci
|
D,
|
popu1asi gajah sumatra
|
Populasi kelinci sumatra
|
E
|
Asal – usul gajah
sumatera
|
Spesies kelinci sumatra
|
Bacalah
kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 14 s.d. 16!
(1)
Zafran mendongak ke atas, jalan setapak seperti makin meninggi. (2) Zafran
menggelengkan kepalanya, napasnya coba dia atur satu-satu. (3) Bodo amat
pokoknya jalan terus jangan dirasain, Zafran mengambil handuk kecilnya,
membiarkan handuk itu menelusuni mukanya. (4) Ia meninggi sedikit melihat
tumitnya yang kembali perih, lecetnya bertambah lebar. (5) Zafran menoleh ke
belakang. (6) Di jalan menanjak itu dia melihat muka lelah teman-temannya,
kaos Ian tampak basah oleh keringat, muka Dinda dan Riani tampak memerah,
Genta meningis melihat matahari, dan hanya Aniat yang tampak belum terlalu
terkena lelah. (7) Zafran terus berjalan sambil menunduk.
5 cm, Dhonny
Dhirgantoro
|
14.
Penggambaran watak Zafran seorang yang pantang menyerah diungkapkan melalui
A. tuturan langsung
B. dialog antartokoh
C, perilaku tokoh
D. reaksi tokoh lain
E. lukisan tempat
tinggal tokoh
15. Pernyataan yang membuktikan latar tempat terdapat dalam kalimat…….
A. (1)dan(2)
B. (1)dan(6)
C. (3)dan(5)
D. (4)dan(6)
E. (4) dan (7)
16. Konflik dalam kutipan tersebut adalah..
A. ketidakrnarnpuan
untuk meraih cita-cita
B. kekecewaan terhadap
kondisi alam
C. perasaan berat untuk
rnenyelesaikan perjalanan
D. marah tethadap cuaca
yang sangat panas
E. kesulitan dalam
menjalin persahabatan
Bacalah
kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 17 s.d. 19!
(1) Aku pura-pura
tidak mendengar perkataan si Loreng-Loreng itu. (2) Mereka gila karena
mengira aku gila. (3) Tak tahukah mereka bahwa aku tak menyanyi sendiri? Aku
bernyanyi bersama bulan, awan, dan udara malam, bersama desir angin, burung
hantu, dan lolong anjing hutan. (4) Bersama bayangan Ayah, Mak, Ma’e, dan
Agam. (5) Kami menyanyi, karni menani Bungong Jeumpa.
(Jaring-Jaring Merah,
Helvy Tiana Rosa)
|
17. Pernyataan yang menggambarkan
aku merupakan wanita cerdas dan memiliki daya khayal tinggi diungkapkan dalam..
A. (l) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2)dan(3)
D. (3)dan(4)
E. (4)dan(5)
18. Nilai budaya yang terdapat
dalam kutipan cerpen tersebut ada dalam
A. (1)
B. (2)
C.(3)
D.(4)
E. (5)
19. Amanat yang terdapat pada
kutipan cerpen tersebut adalah…
A. Kita sebaiknya
berpura-pura menjadi orang gila agar terhindar dan kejahatan.
B. Kita hendaknya
menggunakan akal sehat mengbadapi lawan yang lebih kuat.
C. Agar dapat
menghilangkan kesedihan, sebaiknya kita rnenyanyi gembira.
D. Ketika menghadapi orang-orang
gila, kita hendaknya berpura-pura menjadi gila.
E. Mengatasi kerinduan, kita
bernyanyi bersama bayangan orang yang kita sayangi.
20. Bacalah kutipan
teks berikut!
Kirito
:“Ada
yang bisa saya bantu? Eh.. Firman?”
Firman
: “Eh
Kirito, ini toko kamu?”
Kirito
: “Iya
Man. Mau beli apa?”
Firman
: “ini, To aku mau beli kaos, ada yang bagus?”
Kirito
: “Banyak nih, Man pilih aja...”
Firrnan
: “Coba lihat yang itu, To... Berapa harganya?”
Kirito
: “Wah,
yang ini 190 ribu, Man.”
Firman
: “Ah, To.. .harga kita - kita lah!”
Kirito
: “Yaah, karena teman makanya tidak usah kurang.”
Firman
: “90
ribu lah, To.”
Kirito
: “105 ribu lah nanti untungnya tidak ada?”
Firman
: “Aku tambah 5 ribu, 95 ribu, yaa.”
Kirito
: “Sudahlah, 100 ribu, ya.”
Firman
: “Ya sudah, To, 100 ribu, ya!”
|
Hal utama yang
disepakati dalam kutipan tersebut adalah..
A. bantuan seorang
teman ,
B. keinginan membeli
kaos
C. penawaran harga kaos
D. harga sebuah kaos
E. pertemuan dua orang
sahabat
21. Bacalah kutipan
cerpen berikut!
Teks
1
Dan
Liwa Tungga Kotabumi, bahkan
orang-orang Menggala sering kali singgah untuk menukar pisang dan getah damar dengan beras dan gula. Dan
walet menjadi bandar, meluaskan niaga
dengan membangun puluhan gudang: tempat menukar darnar menjadi gula, atau ratusan karung kopi ditukar
dengan kain dan
gemerincing mata uang. Kapal-kapal barang yang singgah selalu menjabat tangan Zhu dengan hormat, dan menyampaikan salam kebesaran atas nama marga Zhu. “Selamat dan
sejahtera, pada
bisnis Nona Zhu yang semakin maju”
(Sulaiman
Pergi ke Tanjung Cina, Hanna Fransiska)
|
Teks
2
Sejak sore han
menjelang magrib,
tanda-tanda itu sudah
dimulai, Made Sukari berlari terus menunjuk ke arah lembah. “Celaka, mereka betul-betul
tengah bergerak! Mereka hendak
rnenyerbu!”
(Sulaiman Pergi ke
Tanjung Cina, Hanna
Fransiska)
|
Perbedaan unsur intrinsik dalam
kutipan tersebut adalah
A
B
C
D
E
|
Isi teks 1
|
Isi teks 2
|
watak tokoh ulet
|
watak tokoh penakut
|
|
sudut pandang orang 1
|
sudut pandarig orang
III
|
|
amanat secara
tersirat
|
amanat secara
tersurat
|
|
tema kewirausahan
|
tema kemunafikan
|
|
latar menyatakan tempat
|
latar menyatakan
waktu
|
22.Bacalah pantun berikut!
Pantun
I
|
Pantun
II
|
Apa guna orang
bertenun
Untuk membuat kain
yang indah
Apa guna orang
berpantun
Untuk memberi petuah
amanah
|
Apa guna orang
bertenun
Untuk membuat kain
yang panjang
Apa guna orang berpantun
Untuk memberi hukum
dan undang
|
Perbedaan kedua pantun tersebut
adalah..
|
Pantun I
|
Pantun II
|
A
|
pantun untuk
menghibur
|
pantun nasihat
|
B
|
pantun nasihat
|
pantun adat
|
|
fungsi pantun
|
cara berpantun
|
D
|
bentuk pantun
|
rnakna pantun
|
E
|
peraturan berpantun
|
pelestarian pantun
|
23. Bacalah
gurindam berikut!
Dengan
ibu hendaknya hormat,
Supaya badan tetap selamat.
|
Amanat yang terkandung dalam isi
gurindam tersebut adalah
A. Hormatilah ibu kita
agar hidup bahagia dan selamat.
B. Doa orang tua
terutama ibu sangat bermanfaat bagi anaknya.
C. Janganlah berani
membantah perintah ibu agar hidup bahagia.
D. Kita harus selalu
menghormati ibu untuk kesehatan badan.
E. Jangan
menyia-nyiakan ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita.
24. Cermatilah kutipan
berikut!
Tiap-tiap
pemuda yang bersekolah di Betawi datang bertamasya di Danau Singkarak atau ke
Sawahiunto dan singgah ke Solok, belum pernah mereka meiampaui sebuah rumah
kecil yang amat bersih rupanya. Rumah itu dibeli oleh ibu Hanafi dan di
sanalah ia tinggal bersama Rapiah karena perlu menyekolahkan Syafei. Rapiah
tidak suka bercerai lagi dengan mertuanya yang sudah dipandangnya sebagai ibu
kandungnya, sedangkan ibu Hanafi pun berkata hendak menurutkan orang kedua
itu ke mana perginya.
Rapiah
tetap menolak hendak dipersuamikan. Ia berkata tak sampai hati akan memberi
ayah tin kepada Syafei.
Ibu
Hanafi memerlukan benar menyembelih ayam, tiap-tiap kedatangan anakanak
sekolah dan Betawi. Pemuda-pemuda itu senang sekali datang berkunjung ke
rumah orang yang peramah dan bijaksana itu.
(Salah Asuhan, Abdul
Muis)
|
Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan
bermasyarakat sekarang adalah
A. Jika bertamasya ke Danau
Singkarak atau Sawablunto singgah ke rumah sanak saudara di sana;
B. Hendaklah kita
mengunjungi keluarga kita yang ada di daerah;,
C. Suatu keluarga
menyiapkan hidangan yang baik untuk menjamu tarnu.
D. Ibu mertua dan anak menantu
perempuan selalu bersama dalam melakukan sesuatu.
E. Tidak menikah lagi sesudah suami
meninggal derni masa depan anak yang dicintai.
25. Bacalah teks berikut!
Berikut
ini sedikit panduan menyalakan televisi yang benar:
(1)
Anda dapat menghubungkan kabel daya listrik pesawat televisi ke sakelar
kontak.
(2)
Perhatikan indikator power
atau standby pada televisi.
(3)
Tombol di televisi atau remote control dapat digunakan.
(4)
Tekan tombol main power.
(5)
Biasanya seseorang akan memilih saluran yang diinginkan dengan menggunakan
remote control.
|
Kalimat imperatif
(perintah)
pada teks tersebut adalah.
A. (1) dan (2).
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)
26. Bacalah
kalimat-kalimat berikut!
Kalimat pendapat:
Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh. Kalimat argumentasi:
(1) Pendidikan mampu
mengubah dunia.
(2) Pendidikan adalah
sarana untuk mempelajari banyak hal.
(3) Pendidikan
meningkatkan kualitas suatu negara.
(4) Pendidikan anak
ini telah menghabiskan biaya yang sangat banyak.
(5) Pendidikan yang
dijalani rakyat sulit ditempuh pada waktu itu.
|
Kalimat argumentasi
yang mendukung pendapat tersebut adalah
A (1),(2),dan(3)
B. (1),(3),dan(4)
C. (1),(4),dan(5)
D. (2),(4),dan(5)
E. (3), (4), dan (5)
Bacalah teks berikut
untuk menjawab soal nomor 27 dan 28!
Musim
kemarau saat ini menyebabkan kekeringan di lahan pertanian Jawa Tengah. Dinas
Pertanian dan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah menyebutkan sekitar
6.5 78 hektare lahan pertanian padi gagal panen atau puso. Petani akan merugi
hingga miliaran rupiah.
|
27. Pernyataan sebab-akibat yang sesuai
dengan isi teks tersebut adalah
A. kemarau, lahan
kering, gagal panen, petani rugi
B. lahan kering,
kemarau, gagal panen, petani rugi
C. gagal panen, lahan
kering, petani mgi, kemarau
D. petani mgi, kemarau,
lahan kering, gagal panen
E. lahan kering, petani
mgi, kemarau, gagal panen
28. Makna hortikultura pada teks tersebut adalah..
A. tanaman palawija
B. perneiiharaan lahan
C. kegiatan bercocok
tanam
D. pengawasan tanaman
pertanian
E. produksi pertanian
29. Bacalah
kalirnat-kalimat berikut ini!
Prosedur menggunakan
mikroskop:
(1)Letakkan mikroskop
di atas meja pengamatan. lalu bersihkan!
(2)Peganglah lengan
mikroskop dengan salah satu tangan lain untuk menyangga
Kaki mikroskop!
(3)Setelah
dibersihkan, pasangkan lensa okuler dengan perni-esar lensa!
(4)Letakkan preparat
yang akan diamati di atas meja benda!
(5)Setelah terpasang,
putarlah revolver untuk mendapatkan medan penglihatan
Yang baik!
(6)Putarlah cermin
mikroskop ke arah sumber cahaya!
|
Urutan kalimat yang
tepat untuk membentuk paragraf yang padu adalah..
A. (1), (2), (3), (4),
(5), dan (6)
B. (1), (3), (5), (2),
(4), dan (6)
C. (2), (1), (3), (5),
(6), dan (4)
D. (2), (1), (5), (6),
(3), dan (4)
E. (2), (4), (6), (1),
(3), dan (5)
30. Bacalah
kalirnat berikut!
(1)
Memasuki jalan setapak yang ditutupi lumut di sana sini, aku berhati-hati
menjejakkan kaldku.
(2)
Tidak terasa sudah sam jam aku beijalan, tapi entah mengapa tak seorang pun
yang kutemui.
(3)
Sejak Sofie meninggal dua bulan lalu, rasa sepi mi seperti bayangan yang
selalu mengikutiku.
(4)
Tapi mengapa hatiku terasa lebih sepi daripada sepinya han itu.
(5)
Sreeekkk... treek... Suara apa itu, dalam hatiku bertanya aku melihat ke
samping kanan, seperti ada bayangan yang melintas.
(6)
Aku menjerit memanggil namanya, “Sooffiuiiiiiieee...,” aku mengejar dan
berteriak memanggil namanya.. “Sooofffiuieee...” kaukah itu atau hanya
bayangan kerinduanku padamu.
(7)
Aaahh.. aku menguatkan din... bukan siapa-siapa, gumamku. Aku terus berjalan
perlahan dan terhenti tiba-tiba, bayangan yang tadi... semakin jelas
tenlihat, itu Sofie!
|
Urutan yang tepat untuk
membentuk paragraf yang padu adalah
A. (1), (2), (4), (3),
(5), (7), dan (6)
B. (1), (2), (3), (4),
(5), (7), dan (6)
(3), (4), (5), (7),
(6), (1), dan (2)
D. (5), (7), (6), (1),
(2), (3), dan (4)
E. (5), (2), (3), (4),
(7), (6), dan (1)
31. Bacalah
paragraf berikut!
Siang itu cuaca sangat panas, pukul 14.00 Dina
tiba di rumah. Sewaktu berganti
baju, Dina langsung menuju ruang makan. Selagi
hendak makan, terdengarlah pintu
depan diketuk oleh seseorang. Bergegas Dina menuju ruang tamu dan membuka
pintu.
Sembari
pintu dibuka, betapa kagetnya Dina melihat orang yang ada di depannya. Tanpa di duga, Eri sahabatnya bilamana kecil datang Alangkah
bahagianya hati Dma sampal sarnpai ia lupa dengan iiñgkannya.
|
Kata penghubung yang
tepat untuk mengganti kata bercetak miring adalah….
A.setelah, saat, ketika, sewaktu
B setelah, sambil,
sewaktu, ketika
C. sesudah, waktu,
ketika, sewaktu
D. sesudah, selagi,
ketika, sewaktu
E. kemudian, selagi,
waktu, saat
32. Cermati paragraf berikut!
Para ahli di Amerika
Serikat memperingatkan NASA bahwa jumlah sampah angkasa di orbit bumi telah
mencapai tahap yang membahayakan.
|
Kalimat argurnentasi yang tepat
untuk mendukung pendapat tersebut adalah…
A. Bukan hal yang terialu
mengejutkan memang karena cepat atau lambat keadaan seperti ini akan terjadi.
B. Jika sampah angkasa sangat mengkhawatirkan, mengapa masih ada
saja negara yang mengirim satelitnya ke angkasa.
C.
Negara-negara
yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan meluncurkan satelitnya
perlu waspada.
D. Para Ahli semestinya tidak hanya
memperingatkan NASA akan bahaya sampah angkasa tersebut.
E. Banyak satelit buatan yang telah
habis masa pakainya, tetapi tidak kembali ke bumi.
33. Bacalah paragraf berikut!
Kemarin telah
ditegaskan lagi tata tertib selama kegiatan perkemahan. Semua harus ...
peraturan tersebut. Semuanya harus paham ... mengikuti kegiatan kali ini.
Peserta pun ... untuk patuh dan menjalankan semua yang sudah disepakati.
|
Kata yang tepat untuk
melengkapi paragraftersebut adalah
A. ketaatan, hakiki, menghimbau
B. taati, hakikat,
himbauan
C. menaati, hakikat,
diimbau
D. mentaati, hakiki,
menghimbau
E. ditaati, hakikat,
imbauan
34. Bacalah
paragraf berikut!
Tumpang
sari merupakan metode bercocok tanam yang bertujuan untuk meningkatkan episiensi penggunaan tanah. Dengan
tumpang sari produktipitas tanah
dapat ditingkatkan. Di beberapa negara tetangga, sistim bercocok tanam tumpang sari ini sudah berkembang.
|
Kata yang tepat untuk
memperbaiki kata bercetak miring pada paragraftersebut adalah
A. evisien, produktif,
sisternatis
B. efisien,
prodaktivitas, sistem
C efisiensi,
produktivitas, sistem
D. efisiensi, produksi,
sistematis
E. effisien,
produktivitas, sistematis
35. Cermati
paragraf berikut!
Sepanjang tahun 2011, bank-bank nasional mampu
menikinati kenaikan laba cukup besar. Jika, bank-bank asing yang beroperasi
di Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba
pada tahun 2011 lebih kecil dibandingkan tahun 2010.
Mengutip laporan keuangan publikasi bank di situs
Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penurunan laba. Laba Cathy Bank
menurun seJthzgga rneiambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI di divisi
konsumen. Pendapatan pun turun(idaknya beban usaha meningkat.
|
Kata penghubung untuk
mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah
A. namun, bahwa, karena
B. bahkan, agar,
sementara
C. naniun, karena,
walaupun
D. karena, walaupun,
padahal
E. namun, karena, sementara
36. Bacalah paragraf berikut!
Banyak masalah
menimpa bangsa kita. Namun, bangsa kita bukan baru sekarang …..masalah tersebut. Sejarah panjang
perjalanan bangsa ... bahwa kita selalu mampu
menghadapi ... yang
mengandung tantangan.
|
Kata berimbuhan yang
tepat untuk melengkapi paragraftersebut adalah
A. menghadapi,
membuktikan, perubahan.
B. dihadapi,
mernbuktikan, perubahan.
C. menghadapi,
dibuktikan, perubahan.
D. menghadapi,
membuktikan, pengubahan
E. menghadapi,
terbukti, perubahan.
37. Bacalah paragraf berikut!
Kamu jangan terlalu
berlebihan meniiai perilakunya terhadap kamu. Apalagi… masalah kamu dengan nilai yang
kamu peroleh. Sekarang kamu koreksi dulu hal-hal penyebab nilaimu kurang.
Tidak baik ... di antara kalian. Oleh sebab itu, kesalahan itu lebih baik ...
sehingga permusuhan dan masalah di antara kalian akan selesai.
|
Kata ulang yang tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. kait-mengaitkan,
menuduh-nuduh, rnaaf-dimaafkan
B.
mengkait-mengkaitkan, tuduh-menuduh, maafkan-maafkan
C. mengait-ngaitkan, tuduh-menuduh, bermaaf-maafan
D. mengkait-kaitkan,
menuduh-mentuduh, memaafkan-memaafkan
E. kait-mengkait,
tuduh-tuduhan, memaafkan-memaafkan
38. Bacalah
teks berikut!
Rekan-rekan yang saya
sayangi,
Seorang siswa harus
rajin membaca. Membaca tidak terikat waktu, ruang, dan tempat. Tidak terikat
waktu karena membaca dapat dilakukan kapan saja, di tempat maria saja. Dengan
meningkatkan kegiatan membaca, para siswa diharapkan semakin luas wawasannya.
|
Isi teks tersebut bermakna sesuai
dengan peribahasa
A. Berguru kepalang
ajar.
B. Lubuk akal tepian
ilmu.
C. Pucuk dicinta
ulampun tiba.
D. Karena aila setitik
rusak susu sebelanga.
E. Bahasa menunjukkan
bangsa.
39. Bacalah teks berikut!
Bapak dan Ibu guru serta rekan-rekan yang saya
cintai,
Berbicara tentang motivasi tentu tidak terlepas
dan semangat dan antusiasme seseorang. Antusiasme tersebut memungkinkan
seseorang menjadi sosok yang produktif, kreatil dan agresif dalam artian
positif. Antusiasme akan menciptakan sebuah energi yang luar biasa yang dapat
menjadikan seseorang ber….
|
Ungkapan yang tepat
untuk melengkapi paragraftersebut adalah
A. tangan panas
B. tangan dingin
C. tangan kosong
D. tangan hampa
E. tangan panjang
40. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Bagi siswa-siswi
peserta lomba debat diminta berkumpul di aula.
2) Bagi siswa-siswi
peserta pelatihan perpustakaan diharap segera daftar ulang.
|
Alasan kedua kalimat
tersebut salah karena menggunakan..
A. kata pelatihan dan perpustakaan
B kata depan bagi pada awal kalimat
C. kata siswa-siswi
untuk menunjukan jamak
D. kalimat pasif untuk
mengumumkan
E. kata peserta setelah
subjek
41. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Kali kecil di depan
rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak.
Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong
plastik dan botol plastik bekas. Kotoran-kotoran itu terlihat menghambat
lajunya air mengalir atau membuat air tergenang....
|
Kalimat deskripsi yang tepat untuk
melengkapi paragraftersebut adalah
A Dari genangan air
itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung.
B. ini kesalahan warga
setempat yang membuang sampah sembarangan.
C. Kalau dibiarkan
tentunya banjir akan melanda wilayah itu di musirn hujan.
D. Di sinilah perlunya
pengadaan petugas kebersihan yang senantiasa bertugas.
E. Dalam hal ini, bila
terjadi banjir, tidak ada yang dapat disalahkan.
42. Cermati paragraf berikut!
Pusat
perbelanjaan akan diserbu oleh masyarakat di hari-hari menjelang Lebaran. Semua
ingin tampil agak menarik dan cantik di hari Lebaran. Mereka rela meluangkan
waktu, tenaga, serta uang untuk mendapatkan busana dan perlengkapan lain
yang lebih diinginkannya.
|
Frasa yang tepat untuk mengganti
frasa bercetak miring adalah
A. supaya nienarik,
paling diinginkannya
B. amat menanik, akan
diinginkannya
C. tetap menanik,
diinginkan sekali
D. Lebih menarik,
sangat diinginkannya
E. sangat menarik,
sudah diinginkannya
43. Bacalah
paragraf berikut!
Tidak
sulit merawat lobster di luar habitat aslinya. Menurut Handoko, seorang
peternak lobster, agar anak lobster nyaman pada dasar kolam disusunlah
karang-karang meniru habitatnya. Untuk mencegah mutualisme saat anggota keluarga palunuridae berganti kulit,
kolam diberi tanaman air agar tidak dimangsa sesamanya.
|
Kata yang tepat
rnenggantikan kata bercetak miring adalah
A kanibalisme
B. komensalisme
C. intimidasi
D. infiltrasi
E. regenerasi
44. Bacalah paragraf berikut!
Pertarna yang perlu
kita lakukan adalah menentukan topik. Kemudian langkah berikutnya adalah
menyusun kerangka berdasarkan topik tersebut. Kerangka karangan yang sudah
kita susun tersebut lalu kita kembangkan menjadi bentuk karangan utuh. Adapun
langkah yang terakhir adalah melakukan penyuntingan dan pemilihan judul yang
tepat...
|
Kalimat yang tepat
untuk melengkapi paragraf tersebut
adalah
A. Hal inilah yang
perlu kita perhatikan dalam menyunting sebuah karangan.
B. Begitulah yang perlu
kita perhatikan dalam memilih isi dan bentuk karangan.
C. Jadi, yang perlu
kita perhatikan dalam menyusun kerangka karangan.
D. Demikian hal dalam
menentukan topik karangan.
E. Itulah hal-hal yang
perlu kita lakukan dalarn menulis karangan.
45. Bacalah
paragraf berikut!
Dalam tempo singkat,
buku menguasai teknologi membuka lapangan kerja di era globalisasi yang
dipajang di stan pameran habis.
|
Penulisan
judul
buku yang tepat adalah…
A. Menguasai Teknologi
Membuka Lapangan Kerja Di Era Global isasi
B. Menguasai Teknologi Membuka Lapangan Kerja di Era
Globalisasi
C. Menguasai Teknoiogi
Membuka Lapangan Kerja di Eraglobalisasi
D. Menguasai teknologi
Membuka lapangan kerja di Era globalisasi
E. Menguasai teknologi
membuka lapangan kerf a di Era Globalisasi
46. Bacalah pantun berikut!
Angin bertiup kembangkan layar
Kapal singgah di perbatasan
.....
Kelak dewasa banyak wawasan
|
Larik yang tepat untuk
melengkapi pantun tersebut adalah…
A. Anak kecil gemar
membaca
B. Mendidik anak sejak
lahir
C. Sejak kecil rajin belajar
D. Kini jujur dan
bersahaja
E. Kalau Anda rnau
mengajar
47. Bacalah kutipan drama berikut!
Yulia : Aku ingin
lulus ujian tahun mi.
Annisa: Aku ingin tidak sekedar lulus,
tapi juga hasilnya memuaskan!
Yulia : …….
Annisa : Caranya? Ya,
tentu saja belajar dengan giat, berdoa kepada Tuhan dan minta restu kepada
kedua orang tua.
|
Kalimat untuk
melengkapi dialog drama tersebut adalah
A. Akujuga ingin
demikian, tapi masa bodohlah.
B. Akujuga ingin
demikian, tapi tidak usah dipikirkan.
C. Tapi aku sudah
belajar dengan giat.
D.Aku juga ingin seperti itu, tapi bagaimana caranya.
E. Aku juga ingin
seperti itu, tapi biarlah.
48. Bacalah penggalan resensi ini dengan cermat!
Buku
Gambang Jakarta karya Firman Muntaco adalah buku kumpulan cerpen.
Cerpen-cerpen Firman sungguh merupakan potret zamannya. Kisah-kisah dalam
buku ini
menggambarkan kondisi sosial masyarakat Betawi pada masa itu. Bagaimana rumah
tangga orang Betawi, bagaimana pandangan mereka terhadap tradisi, dan
bagaimana mereka menghadapi zaman.
Gaya
penceritaan Firman memang khas Betawi, Sebagai bentuk ungkapan
pertanggungjawaban putra Betawi, cerpennya pun ditulis dalam bahasa Betawi. Firman
percaya bahasa Betawi yang paling tepat untuk menyatakan pikiran, kejiwaan,
dan perasaan tokoh-tokohnya. Dibalut dengan selera humor yang kuat,
kelincahan cerita yang memikat, dan kesinisan yang kadang mengundang senyum,
cerpen-cerpen dalam “Gambang Jakarta” menjadi memukau.
|
Kalimat resensi (penilaian) yang menyatakan
kelemahan buku tersebut adalah…
A.
Buku Gambang Jakarta hanya memotret kondisi sosial masyarakat Betawi pada masa
tertentu dan tidak memiliki pandangan orang Betawi secara umum.
B.
Firman memakai gaya penceritaan yang khas tetapi kelincahannya dalam bercerita
membuat karyanya menjadi memukau.
C. Pembaca yang tidak memahami bahasa
Betawi sulit memaknai ceritanya karena banyak kosa kata yang sudah tidak
digunakan saat ini.
D.
Kumpulan cerpen Gambang Jakarta mampu mengangkat kehidupan
dan tradisi masyarakat Betawi dalam menghadapi tantangan zaman.
E.
Kumpulan cerpen karya Firman penuh dengan humor, bahkan menimbukan kesinisan
yang mengundang senyum pembaca.
49. Perhatikan puisi berikut ini!
CINTAKU
JAUH Dl PULAU
Cintaku jauh di pulau
Gadis manis, sekarang iseng sendiri
Perahu melancar, bulan memancar
Di leher kukalungkan ole-ole buat si
pacar,
angin membantu, laut tenang tapi
terasa
aku tidak kan sampai padanya
Di air yang tenang, di angin mendayu
di perasaan penghabisan segala melaju
Ajal bertahta, sambil berkata
“Tujukan perahu ke pangkuanku saja”
Amboi! jalan sudah bertahun kutempuh
perahu yang bersama kan merapuh
mengapa ajal memanggil dulu
sebelum berpeluk dengan cintaku!?
Manis kujauh di pulau
kalau kumati dia mati iseng serxliri
(Chairil Anwar)
|
Kalimat kritik yang sesuai untuk puisi tersebut
adalah
A. Puisi Cintaku Jauh di Pulau sangat istimewa karena memuat kalimat tanya
dan kalimat seru yang jarang digunakan penyair lain.
B. Puisi-puisi yang dibuat Chairil
Anwar menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga kurang menunjukkan keindahan.
C.
Diksi yang digunakan sangat sulit diartikan karena puisi Cintaku Jauh di Pulau banyak berupa kiasan yang bermakna ganda.
D. Chairil Anwar merupakan penyair
yang terkenal sehingga karya-karyanya patut mendapat pujian.
E. Puisi Cintaku Jauh di Padau
mengandung makna yang mendalam jika kita tahu maksud puisi tersebut.
50. Bacalah cerpen berikut!
Aku
tersentak.
“Non,
Ibu .. Ibu ...!“ Mbok Ni tergopoh menghampiriku. Suaranya bergetar karena
panik. Wajahnya tampak pucat.
Kuletakkan
buku Fisika yang sedang kubaca di meja, lalu kurebut gagang telepon dan Mbok
Darmi. Telepon dan kepolisian.
“Apa?
Ibu kecelakaan? Di rumah sakit mana, Pak?” tak lagi mampu berdiri, aku
terduduk di lantai.
“Baik,
saya segera ke sana,” jawabku berusaha untuk tetap tenang. Namun, tak urung
juga air mataku keluar. Jantungku berdetak kencang, terasa semuanya menjadi
gelap gulita.
|
Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan
cerpen tersebut adalah…
A. Di dalam monolog ada emosi dan
peristiwa sehingga rnarnpu membuat cerita lebih menanik.
B. Tidak adanya konflik dalam
cerpen ini menjadikan peristiwa yang dipaparkan terasa hambar.
C.
Terasa
benar fungsi dialog dalam cerpen ini sebagai sarana mengembangkan konflik dan
menghidupkan tokoh cerita.
D. Ketika konflik cerita menjadi
buntu dan tidak berkembang, monolog menjadi satu sehingga menutupi kelemahan
cerita
E. Sementara ini, penulis meyakini
bahwa dialog atau monolog dalam cerita sekadar memperpanjang tulisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar