Senin, 06 Februari 2017

Soal UN Bahasa Indonesia Tahun 2013-2014

Semoga Dapat Bermanfaat..^_^


Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
(1)Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2013 adalah mengembangkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Kreativitas siswa sangat penting, terlihat dan bergesemya peran guru. (3) Dahulu, guru sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus lebih banyak memberi kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dan kreatif sehingga menyenangkan. (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan sulit jika fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila Iingkungan sekolah turut mendukung.
1. Kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat nomor
A. (1)                                                           
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

2. Makna kreativitas pada kalimat nomor (1) pada paragraf tersebut adalah
A. banyak ide
B. daya cipta
C. dapat berbuat
D. sangat cekatan
E. tepat guna

3. Bacalah paragraf berikut!
(1) Sumber protein yang sangat baik adalah tempe yang berasal dan kedelai yang difermentasi. (2) Dalam tempe terkandung asam amino esensial yang dapat memperbaiki otot, seperti yang terdapat dalam daging. (3) Tempe mempunyai kelebihan, mengandung kalsium dan protein lebih banyak daripada sumber protein yang lain. (4) Tempe banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. (5) Selain merupakan produk fermentasi, tempe mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi usus yang hampir serupa dengan yogurt.
Kalimat yang tidak padu terdapat nomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
4. Bacalah paragraf berikut!
Pembangunan agrobisnis merupakan paradigma pembangunan pertanian yang didasarkan pada prinsip-prinsip bisnis. Dengan demikian, secara otomatis strategi ini dibangun dengan mempertimbangkan dinamika daya saing agrobisnis dalam perdagangan global. Upaya pertama yang harus dilakukan adalah perdagangan di domestik dan pasar global. Upaya ini dilakukan dengan melihat peluang pasar dan menganalisis dinamika permintaan pasar.
Mengapa pembangunan agrobisms dikembangkan dengan prinsip-prinsip bisnis?
A. Agar meningkatkan akses pelaku agrobisnis di pasar lokal dan global.
B. Untuk meningkatkan daya saing agrobisnis dalam perdagangan global.
C. Supaya dapat meningkatkan kemampuan para pelaku bisnis.
D. Agar mampu menganalisis dinamika permintaan para pelaku pasar.
E. Untuk mencoba mengembangkan agrobisnis sesuai dinamika pasar.

5. Bacalah paragraf berikut!
(1) Anggaran Rp3—4 triliun dapat digunakan untuk menutupi kebutuhan operasional di Perguruan Tinggi Negeri (PTh). (2) Angka sebesar itu dapat menutupi biaya di luar SPP. (3) Uang gedung dan pengembangan sudah ditutupi anggaran pemerintah melalui bantuan operasional PTN. (4) Narnun, kebijakan itu tidak memiliki payung hukum yang kuat. (5) Sementara, sebanyak 92 PTN di Indonesia telah terdaftar menerima biaya kebutuhan riset, beasiswa, dosen, dan pembangunan gedung dan Biaya Operasional (BO) PTN.
Kalimat yang berisi fakta pada teks tersebut adalah
A. (l)dan(2)
B. (l)dan(3)
C. (2)dan(4)
D. (3)dan(4)
E. (3)dan(5)
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Pernanasan global merupakan masalah serius yang sedang mengancam bumi kita saat ini. Pemanasan global adalah peningkatan suhu permukaan bumi karena berbagai faktor. Penelitian menemukan bahwa dalam 30 tahun terakhir, suhu bumi khususnya di wilayah Eropa telah rneningkat 60%. Tahun 2007 merupakan tahun pemecah rekor baru untuk suhu panas bumi. Daerah St. George, Utah Amerika Senikat memegang rekor tertinggi dengan suhu mencapai 48°C. Sebagai perbandingan, suhu Kota Surabaya yang terkenal panas hanya berkisar antara 30°-37°C.
6. Ide pokok paragraf tersebut adalah
A. peningkatan suhu
B. perbandingan suhu
C. panas bumi
D. permukaan bumi
E.pemanasan global
7. Tujuan penulis dalain paragraf tersebut adalah
A. menceritakan terjadinya pemanasan global
B. membuktikan pengaruh pemanasan global
C. menjelaskan terjadinya pemanasan global
D. menggambarkan proses pemanasan global
E. mengimbau pencegahah pemanasan global

8. Bacalah teks berikut!
(1) Awal pembentukan badai berada di perairan tropis atau sub-tropis sebagai pusat tekanan rendah dan kumpulan panas serta awan. (2) Badai tropis dapat terbentuk jika suhu permukaan laut Iebih dan 27°C dan kondisi interaksi laut, serta atmosver mendukung. (3) Badai tropis dapat berkembang menjadi besar dengan kecepatan angin sebesar 3 9-73 milljam. (4) Semakin rendah nilai tekanan udara dan semakin besar luas pusat tekanan rendah tersebut, maka akan semakin besar angin yang ditimbulkan. (5) Energi panas yang dilepaskan oleh uap air akan terkumpul menjadi energi penggerak dan badai tropis.
Kata tidak baku dalam paragraph tersebut terdapat path kalimat nomor..
A. (1)dan(2)
B. (2)dan(3)
C. (2)dan’(4)
D. (3)dan(5)
E. (4)dan(5)

Bacalah kutipan biografi berikut untuk soal nomor 9 dan 10!
Mochtar Lubis sangat memikirkan nasib seluruh karyawannya. Ia turun mencarikan pekerjaan para karyawannya setelah surat kabar Indonesia Raya yang dipimpirinya dibredel. Tentang nasib agen-agen dan seluruh lopernya, ia berkeyakinan akan tetap baik karena masih ada koran-koran yang terbit. “Saya tidak mau menandatangani surat pernyataan yang disodorkan pemerintah,” kata Muchtar Lubis “karena malu kepada teman-teman saya pejuang kemerdekaan.”

9. Hal yang dapat diteladani dan Mochtar Lubis adalah
A. Membantu perekonomian dan mencarikan pekerjaan para karyawannya setelah surat kabar Indonesia Raya dibredel.
B. Perekonomian karyawannya dibantu dan diberikan pekerjaan setelah surat kabar “Indonesia Raya” yang dipimpinnya dibredel.
C. Membuka lapangan kerja baru untuk para karyawannya setelah surat kabar “Indonesia Raya” dibredel.
D. Sangat memikirkan nasib karyawannya dan mencanikan pekerjaan bagi para karyawannya setelah surat kabar “Indonesia Raya” dibredel.
E. Sangat kasihan terhadap karyawannya dan membantu membuka lapanan kerja setelah surat kabar “Indonesia Raya” dibredel.

10. Mengapa .Mochtar Lubis tidak mau menandatangani surat yang disodorkan pernerintah?
A. Ia sedang memikirkan nasib karyawannya.
B. Surat kabar yang dipimpinnya dibredel pemerintah.
C. Masih ada koran-koran yang terbit.
D. Menginginkan kemerdekaan pers.
E. Ia merasa malu kepada pejuang kemerdekaan.

Bacalah kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 11 dan 12!
Pembentukan karakter berdasarkan kearifan lokal, seharusnya sudah tertanam sejak pendidikan di keluarga. Mulai dalam keluarga kecil, sudah ditanamkan kearifan lokal berupa nilai-nilai kejujuran dan tidak lengah terhadap uang. Kearifan itu tidak serta merta melekat dalam din masyarakat sejak dini.
Komisi Pemberantasan Korupsi secara intensif melakukan studi tentang korelasi kearifan lokal dengan berbagai tindakan korupsi di Indonesia. Seluruh komponen masyarakat, termasuk budayawan dan pakar Antropologi, hendaknya ikut rnembangkitkan budaya antikorupsi dalam rumah tangga.

11. Pendapat penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah
A. Prihatin terhadap semakin banyaknya korupsi di Indonesia.
B. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus tuntas menangani koruptor.
C. Penanaman nilai-nilai kejujuran di masyarakat dilakukan sejak lama.
D. Seluruh komponen masyarakat harus ikut rnembangkitkan budaya antikorupsi.
E. Kearifan lokal harus melekat pada anggota Komisi Pemberantasan Korupsi.

12. Pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah
A. anggota KPK
B. pernerintah
C. keluarga
D. keluarga kecil masyarakat

13. Bacalah teks laporan hash observasi berikut!
Teks I
Gajah Sumatra
Gajah Sumatra adalah subspesies dan gajah asia yang hanya berhabitat di Pulau Sumatra. Gajah Sumatra berpostur lebih kecil daripada spesies gajah india. Sekitar 2000-2300 ekor gajah sumatra tersisa di alam liar berdasarkan survei tahun 2000.
Sebanyak 65% populasi gajah sumatra lenyap akibat dibunuh manusia dan 30% kemungkinan diracuni. Sekitar 83% habitat gajah sumatra telah menjadi wilayah perkebunan.
Teks 2
Kelinci Sumatra
Kelinci adalah hewan mamalia. Dahulu
hewan ini adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya tahun 1972, kelinci dikiasifikasikan dalam ordo lagomorpha.
Ordo ini dibedakan menjadi dua famili,
yakni ochtonidae dan laporidae. Kelinci
berasal dan bahasa Belanda. Hal ini
menunjukkan bahwa masyarakat Nusantära mulai mengenali kelinci saat masa kolonial. Padahal di Pulau Sumatra ada satu spesies kelinci Sumatra yang baru ditemukan pada tahun 1972.


Perbedaan isi kutipan teks laporan hasil observasi tersebut adalah....

Teks 1
Teks 2
A.
Sejarah keberadaan gajah
kcadaanterkir kelinci
B.
keadaan gajah sumatera
Sejarah keberadaan kelinci
C.
Perkembangang gajah
Perkembangan keberadaan kelinci
D,
popu1asi gajah sumatra
Populasi kelinci sumatra
E
Asal – usul gajah sumatera
Spesies kelinci sumatra
Bacalah kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 14 s.d. 16!
(1) Zafran mendongak ke atas, jalan setapak seperti makin meninggi. (2) Zafran menggelengkan kepalanya, napasnya coba dia atur satu-satu. (3) Bodo amat pokoknya jalan terus jangan dirasain, Zafran mengambil handuk kecilnya, membiarkan handuk itu menelusuni mukanya. (4) Ia meninggi sedikit melihat tumitnya yang kembali perih, lecetnya bertambah lebar. (5) Zafran menoleh ke belakang. (6) Di jalan menanjak itu dia melihat muka lelah teman-temannya, kaos Ian tampak basah oleh keringat, muka Dinda dan Riani tampak memerah, Genta meningis melihat matahari, dan hanya Aniat yang tampak belum terlalu terkena lelah. (7) Zafran terus berjalan sambil menunduk.
5 cm, Dhonny Dhirgantoro

14. Penggambaran watak Zafran seorang yang pantang menyerah diungkapkan melalui
A. tuturan langsung
B. dialog antartokoh
C, perilaku tokoh
D. reaksi tokoh lain
E. lukisan tempat tinggal tokoh

15. Pernyataan yang membuktikan latar tempat terdapat dalam kalimat…….
A. (1)dan(2)
B. (1)dan(6)
C. (3)dan(5)
D. (4)dan(6)
E. (4) dan (7)

16. Konflik dalam kutipan tersebut adalah..
A. ketidakrnarnpuan untuk meraih cita-cita
B. kekecewaan terhadap kondisi alam
C. perasaan berat untuk rnenyelesaikan perjalanan
D. marah tethadap cuaca yang sangat panas
E. kesulitan dalam menjalin persahabatan

Bacalah kutipan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 17 s.d. 19!
(1) Aku pura-pura tidak mendengar perkataan si Loreng-Loreng itu. (2) Mereka gila karena mengira aku gila. (3) Tak tahukah mereka bahwa aku tak menyanyi sendiri? Aku bernyanyi bersama bulan, awan, dan udara malam, bersama desir angin, burung hantu, dan lolong anjing hutan. (4) Bersama bayangan Ayah, Mak, Ma’e, dan Agam. (5) Kami menyanyi, karni menani Bungong Jeumpa.
(Jaring-Jaring Merah, Helvy Tiana Rosa)

17. Pernyataan yang menggambarkan aku merupakan wanita cerdas dan memiliki daya khayal tinggi diungkapkan dalam..
A. (l) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (2)dan(3)
D. (3)dan(4)
E. (4)dan(5)

18. Nilai budaya yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ada dalam
A. (1)
B. (2)
C.(3)
D.(4)
E. (5)

19. Amanat yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut adalah
A. Kita sebaiknya berpura-pura menjadi orang gila agar terhindar dan kejahatan.
B. Kita hendaknya menggunakan akal sehat mengbadapi lawan yang lebih kuat.
C. Agar dapat menghilangkan kesedihan, sebaiknya kita rnenyanyi gembira.
D. Ketika menghadapi orang-orang gila, kita hendaknya berpura-pura menjadi gila.
E. Mengatasi kerinduan, kita bernyanyi bersama bayangan orang yang kita sayangi.
20. Bacalah kutipan teks berikut!
Kirito :“Ada yang bisa saya bantu? Eh.. Firman?”
Firman : “Eh Kirito, ini toko kamu?”
Kirito : “Iya Man. Mau beli apa?”
Firman : “ini, To aku mau beli kaos, ada yang bagus?”
Kirito : “Banyak nih, Man pilih aja...”
Firrnan : “Coba lihat yang itu, To... Berapa harganya?”
Kirito : “Wah, yang ini 190 ribu, Man.”
Firman : “Ah, To.. .harga kita - kita lah!”
Kirito : “Yaah, karena teman makanya tidak usah kurang.”
Firman : “90 ribu lah, To.”
Kirito : “105 ribu lah nanti untungnya tidak ada?”
Firman : “Aku tambah 5 ribu, 95 ribu, yaa.”
Kirito : “Sudahlah, 100 ribu, ya.”
Firman : “Ya sudah, To, 100 ribu, ya!”

Hal utama yang disepakati dalam kutipan tersebut adalah..
A. bantuan seorang teman ,
B. keinginan membeli kaos
C. penawaran harga kaos
D. harga sebuah kaos
E. pertemuan dua orang sahabat

21. Bacalah kutipan cerpen berikut!
Teks 1
Dan Liwa Tungga Kotabumi, bahkan orang-orang Menggala sering kali singgah untuk menukar pisang dan getah damar dengan beras dan gula. Dan walet menjadi bandar, meluaskan niaga dengan membangun puluhan gudang: tempat menukar darnar menjadi gula, atau ratusan karung kopi ditukar dengan kain dan gemerincing mata uang. Kapal-kapal barang yang singgah selalu menjabat tangan Zhu dengan hormat, dan menyampaikan salam kebesaran atas nama marga Zhu. “Selamat dan sejahtera, pada bisnis Nona Zhu yang semakin maju”
(Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina, Hanna Fransiska)
Teks 2
Sejak sore han menjelang magrib,
tanda-tanda itu sudah dimulai, Made Sukari berlari terus menunjuk ke arah lembah. “Celaka, mereka betul-betul tengah bergerak! Mereka hendak rnenyerbu!”
(Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina, Hanna
Fransiska)
Perbedaan unsur intrinsik dalam kutipan tersebut adalah

A
B
C
D
E
Isi teks 1
Isi teks 2
watak tokoh ulet
watak tokoh penakut
sudut pandang orang 1
sudut pandarig orang III
amanat secara tersirat
amanat secara tersurat
tema kewirausahan
tema kemunafikan
latar menyatakan tempat
latar menyatakan waktu


22.Bacalah pantun berikut!
Pantun I
Pantun II
Apa guna orang bertenun
Untuk membuat kain yang indah
Apa guna orang berpantun
Untuk memberi petuah amanah
Apa guna orang bertenun
Untuk membuat kain yang panjang
Apa guna orang berpantun
Untuk memberi hukum dan undang
Perbedaan kedua pantun tersebut adalah..

Pantun I
Pantun II
A
pantun untuk menghibur
pantun nasihat
B
pantun nasihat
pantun adat

fungsi pantun
cara berpantun
D
bentuk pantun
rnakna pantun
E
peraturan berpantun
pelestarian pantun

23. Bacalah gurindam berikut!
Dengan ibu hendaknya hormat,
Supaya badan tetap selamat.
Amanat yang terkandung dalam isi gurindam tersebut adalah
A. Hormatilah ibu kita agar hidup bahagia dan selamat.
B. Doa orang tua terutama ibu sangat bermanfaat bagi anaknya.
C. Janganlah berani membantah perintah ibu agar hidup bahagia.
D. Kita harus selalu menghormati ibu untuk kesehatan badan.
E. Jangan menyia-nyiakan ibu yang telah melahirkan dan membesarkan kita.

24. Cermatilah kutipan berikut!
Tiap-tiap pemuda yang bersekolah di Betawi datang bertamasya di Danau Singkarak atau ke Sawahiunto dan singgah ke Solok, belum pernah mereka meiampaui sebuah rumah kecil yang amat bersih rupanya. Rumah itu dibeli oleh ibu Hanafi dan di sanalah ia tinggal bersama Rapiah karena perlu menyekolahkan Syafei. Rapiah tidak suka bercerai lagi dengan mertuanya yang sudah dipandangnya sebagai ibu kandungnya, sedangkan ibu Hanafi pun berkata hendak menurutkan orang kedua itu ke mana perginya.
Rapiah tetap menolak hendak dipersuamikan. Ia berkata tak sampai hati akan memberi ayah tin kepada Syafei.
Ibu Hanafi memerlukan benar menyembelih ayam, tiap-tiap kedatangan anakanak sekolah dan Betawi. Pemuda-pemuda itu senang sekali datang berkunjung ke rumah orang yang peramah dan bijaksana itu.
(Salah Asuhan, Abdul Muis)

Hal dalam kutipan yang terkait dengan kehidupan bermasyarakat sekarang adalah
A. Jika bertamasya ke Danau Singkarak atau Sawablunto singgah ke rumah sanak saudara di sana;
            B. Hendaklah kita mengunjungi keluarga kita yang ada di daerah;,
            C. Suatu keluarga menyiapkan hidangan yang baik untuk menjamu tarnu.
D. Ibu mertua dan anak menantu perempuan selalu bersama dalam melakukan sesuatu.
E. Tidak menikah lagi sesudah suami meninggal derni masa depan anak yang dicintai.

25. Bacalah teks berikut!
Berikut ini sedikit panduan menyalakan televisi yang benar:
(1) Anda dapat menghubungkan kabel daya listrik pesawat televisi ke sakelar kontak.
(2) Perhatikan indikator power atau standby pada televisi.
(3) Tombol di televisi atau remote control dapat digunakan.
(4) Tekan tombol main power.
(5) Biasanya seseorang akan memilih saluran yang diinginkan dengan menggunakan remote control.

Kalimat imperatif (perintah) pada teks tersebut adalah.
A. (1) dan (2).
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

26. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
Kalimat pendapat: Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh. Kalimat argumentasi:
(1) Pendidikan mampu mengubah dunia.
(2) Pendidikan adalah sarana untuk mempelajari banyak hal.
(3) Pendidikan meningkatkan kualitas suatu negara.
(4) Pendidikan anak ini telah menghabiskan biaya yang sangat banyak.
(5) Pendidikan yang dijalani rakyat sulit ditempuh pada waktu itu.

Kalimat argumentasi yang mendukung pendapat tersebut adalah
A (1),(2),dan(3)
B. (1),(3),dan(4)
C. (1),(4),dan(5)
D. (2),(4),dan(5)
E. (3), (4), dan (5)
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 27 dan 28!
Musim kemarau saat ini menyebabkan kekeringan di lahan pertanian Jawa Tengah. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Tengah menyebutkan sekitar 6.5 78 hektare lahan pertanian padi gagal panen atau puso. Petani akan merugi hingga miliaran rupiah.

27. Pernyataan sebab-akibat yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah
A. kemarau, lahan kering, gagal panen, petani rugi
B. lahan kering, kemarau, gagal panen, petani rugi
C. gagal panen, lahan kering, petani mgi, kemarau
D. petani mgi, kemarau, lahan kering, gagal panen
E. lahan kering, petani mgi, kemarau, gagal panen

28. Makna hortikultura pada teks tersebut adalah..
A. tanaman palawija
B. perneiiharaan lahan
C. kegiatan bercocok tanam
D. pengawasan tanaman pertanian
E. produksi pertanian

29. Bacalah kalirnat-kalimat berikut ini!
Prosedur menggunakan mikroskop:
(1)Letakkan mikroskop di atas meja pengamatan. lalu bersihkan!
(2)Peganglah lengan mikroskop dengan salah satu tangan lain untuk menyangga
Kaki mikroskop!
(3)Setelah dibersihkan, pasangkan lensa okuler dengan perni-esar lensa!
(4)Letakkan preparat yang akan diamati di atas meja benda!
(5)Setelah terpasang, putarlah revolver untuk mendapatkan medan penglihatan
Yang baik!
(6)Putarlah cermin mikroskop ke arah sumber cahaya!


Urutan kalimat yang tepat untuk membentuk paragraf yang padu adalah..
A. (1), (2), (3), (4), (5), dan (6)
B. (1), (3), (5), (2), (4), dan (6)
C. (2), (1), (3), (5), (6), dan (4)
D. (2), (1), (5), (6), (3), dan (4)
E. (2), (4), (6), (1), (3), dan (5)

30. Bacalah kalirnat berikut!
(1) Memasuki jalan setapak yang ditutupi lumut di sana sini, aku berhati-hati menjejakkan kaldku.
(2) Tidak terasa sudah sam jam aku beijalan, tapi entah mengapa tak seorang pun yang kutemui.
(3) Sejak Sofie meninggal dua bulan lalu, rasa sepi mi seperti bayangan yang selalu mengikutiku.
(4) Tapi mengapa hatiku terasa lebih sepi daripada sepinya han itu.
(5) Sreeekkk... treek... Suara apa itu, dalam hatiku bertanya aku melihat ke samping kanan, seperti ada bayangan yang melintas.
(6) Aku menjerit memanggil namanya, “Sooffiuiiiiiieee...,” aku mengejar dan berteriak memanggil namanya.. “Sooofffiuieee...” kaukah itu atau hanya bayangan kerinduanku padamu.
(7) Aaahh.. aku menguatkan din... bukan siapa-siapa, gumamku. Aku terus berjalan perlahan dan terhenti tiba-tiba, bayangan yang tadi... semakin jelas tenlihat, itu Sofie!

Urutan yang tepat untuk membentuk paragraf yang padu adalah
A. (1), (2), (4), (3), (5), (7), dan (6)
B. (1), (2), (3), (4), (5), (7), dan (6)
(3), (4), (5), (7), (6), (1), dan (2)
D. (5), (7), (6), (1), (2), (3), dan (4)
E. (5), (2), (3), (4), (7), (6), dan (1)

31. Bacalah paragraf berikut!
Siang itu cuaca sangat panas, pukul 14.00 Dina tiba di rumah. Sewaktu berganti
baju, Dina langsung menuju ruang makan. Selagi hendak makan, terdengarlah pintu
depan diketuk oleh seseorang. Bergegas Dina menuju ruang tamu dan membuka pintu.
Sembari pintu dibuka, betapa kagetnya Dina melihat orang yang ada di depannya. Tanpa di duga, Eri sahabatnya bilamana kecil datang Alangkah bahagianya hati Dma sampal sarnpai ia lupa dengan iiñgkannya.

Kata penghubung yang tepat untuk mengganti kata bercetak miring adalah….
A.setelah, saat, ketika, sewaktu
B setelah, sambil, sewaktu, ketika
C. sesudah, waktu, ketika, sewaktu
D. sesudah, selagi, ketika, sewaktu
E. kemudian, selagi, waktu, saat

32. Cermati paragraf berikut!
Para ahli di Amerika Serikat memperingatkan NASA bahwa jumlah sampah angkasa di orbit bumi telah mencapai tahap yang membahayakan.
Kalimat argurnentasi yang tepat untuk mendukung pendapat tersebut adalah
A. Bukan hal yang terialu mengejutkan memang karena cepat atau lambat keadaan seperti ini akan terjadi.
B. Jika sampah angkasa sangat mengkhawatirkan, mengapa masih ada saja negara yang mengirim satelitnya ke angkasa.
C. Negara-negara yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan meluncurkan satelitnya perlu waspada.
D. Para Ahli semestinya tidak hanya memperingatkan NASA akan bahaya sampah angkasa tersebut.
E. Banyak satelit buatan yang telah habis masa pakainya, tetapi tidak kembali ke bumi.

33. Bacalah paragraf berikut!
Kemarin telah ditegaskan lagi tata tertib selama kegiatan perkemahan. Semua harus ... peraturan tersebut. Semuanya harus paham ... mengikuti kegiatan kali ini. Peserta pun ... untuk patuh dan menjalankan semua yang sudah disepakati.

Kata yang tepat untuk melengkapi paragraftersebut adalah
A. ketaatan, hakiki, menghimbau
B. taati, hakikat, himbauan
C. menaati, hakikat, diimbau
D. mentaati, hakiki, menghimbau
E. ditaati, hakikat, imbauan

34. Bacalah paragraf berikut!
Tumpang sari merupakan metode bercocok tanam yang bertujuan untuk meningkatkan episiensi penggunaan tanah. Dengan tumpang sari produktipitas tanah dapat ditingkatkan. Di beberapa negara tetangga, sistim bercocok tanam tumpang sari ini sudah berkembang.

Kata yang tepat untuk memperbaiki kata bercetak miring pada paragraftersebut adalah
A. evisien, produktif, sisternatis
B. efisien, prodaktivitas, sistem
C efisiensi, produktivitas, sistem
D. efisiensi, produksi, sistematis
E. effisien, produktivitas, sistematis


35. Cermati paragraf berikut!
Sepanjang tahun 2011, bank-bank nasional mampu menikinati kenaikan laba cukup besar. Jika, bank-bank asing yang beroperasi di Indonesia malah bernasib beda. Sejumlah bank harus rela memperoleh laba pada tahun 2011 lebih kecil dibandingkan tahun 2010.
Mengutip laporan keuangan publikasi bank di situs Bank Indonesia (BI), tiga perusahaan mencatat penurunan laba. Laba Cathy Bank menurun seJthzgga rneiambatnya bisnis perusahaan pascasanksi BI di divisi konsumen. Pendapatan pun turun(idaknya beban usaha meningkat.

Kata penghubung untuk mengganti kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah
A. namun, bahwa, karena
B. bahkan, agar, sementara
C. naniun, karena, walaupun
D. karena, walaupun, padahal
E. namun, karena, sementara

36. Bacalah paragraf berikut!
Banyak masalah menimpa bangsa kita. Namun, bangsa kita bukan baru sekarang …..masalah tersebut. Sejarah panjang perjalanan bangsa ... bahwa kita selalu mampu
menghadapi ... yang mengandung tantangan.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraftersebut adalah
A. menghadapi, membuktikan, perubahan.
B. dihadapi, mernbuktikan, perubahan.
C. menghadapi, dibuktikan, perubahan.
D. menghadapi, membuktikan, pengubahan
E. menghadapi, terbukti, perubahan.

37. Bacalah paragraf berikut!
Kamu jangan terlalu berlebihan meniiai perilakunya terhadap kamu. Apalagi masalah kamu dengan nilai yang kamu peroleh. Sekarang kamu koreksi dulu hal-hal penyebab nilaimu kurang. Tidak baik ... di antara kalian. Oleh sebab itu, kesalahan itu lebih baik ... sehingga permusuhan dan masalah di antara kalian akan selesai.

Kata ulang yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. kait-mengaitkan, menuduh-nuduh, rnaaf-dimaafkan
B. mengkait-mengkaitkan, tuduh-menuduh, maafkan-maafkan
C. mengait-ngaitkan, tuduh-menuduh, bermaaf-maafan
D. mengkait-kaitkan, menuduh-mentuduh, memaafkan-memaafkan
E. kait-mengkait, tuduh-tuduhan, memaafkan-memaafkan

38. Bacalah teks berikut!
Rekan-rekan yang saya sayangi,
Seorang siswa harus rajin membaca. Membaca tidak terikat waktu, ruang, dan tempat. Tidak terikat waktu karena membaca dapat dilakukan kapan saja, di tempat maria saja. Dengan meningkatkan kegiatan membaca, para siswa diharapkan semakin luas wawasannya.
Isi teks tersebut bermakna sesuai dengan peribahasa
A. Berguru kepalang ajar.
B. Lubuk akal tepian ilmu.
C. Pucuk dicinta ulampun tiba.
D. Karena aila setitik rusak susu sebelanga.
E. Bahasa menunjukkan bangsa.

39. Bacalah teks berikut!
Bapak dan Ibu guru serta rekan-rekan yang saya cintai,
Berbicara tentang motivasi tentu tidak terlepas dan semangat dan antusiasme seseorang. Antusiasme tersebut memungkinkan seseorang menjadi sosok yang produktif, kreatil dan agresif dalam artian positif. Antusiasme akan menciptakan sebuah energi yang luar biasa yang dapat menjadikan seseorang ber….

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraftersebut adalah
A. tangan panas
B. tangan dingin
C. tangan kosong
D. tangan hampa
E. tangan panjang

40. Cermati kalimat-kalimat berikut!
1) Bagi siswa-siswi peserta lomba debat diminta berkumpul di aula.
2) Bagi siswa-siswi peserta pelatihan perpustakaan diharap segera daftar ulang.

Alasan kedua kalimat tersebut salah karena menggunakan..
A. kata pelatihan dan perpustakaan
B kata depan bagi pada awal kalimat
C. kata siswa-siswi untuk menunjukan jamak
D. kalimat pasif untuk mengumumkan
E. kata peserta setelah subjek

41. Cermati paragraf deskripsi berikut!
Kali kecil di depan rumah temanku terlihat sangat kotor. Warna airnya hitam pekat dan berminyak. Di pinggir kali, tampak pula tumpukan sampah yang umumnya berupa kantong plastik dan botol plastik bekas. Kotoran-kotoran itu terlihat menghambat lajunya air mengalir atau membuat air tergenang....


Kalimat deskripsi yang tepat untuk melengkapi paragraftersebut adalah
A Dari genangan air itu, tercium bau busuk yang menyengat hidung.
B. ini kesalahan warga setempat yang membuang sampah sembarangan.
C. Kalau dibiarkan tentunya banjir akan melanda wilayah itu di musirn hujan.
D. Di sinilah perlunya pengadaan petugas kebersihan yang senantiasa bertugas.
E. Dalam hal ini, bila terjadi banjir, tidak ada yang dapat disalahkan.
42. Cermati paragraf berikut!
Pusat perbelanjaan akan diserbu oleh masyarakat di hari-hari menjelang Lebaran. Semua ingin tampil agak menarik dan cantik di hari Lebaran. Mereka rela meluangkan waktu, tenaga, serta uang untuk mendapatkan busana dan perlengkapan lain yang lebih diinginkannya.
Frasa yang tepat untuk mengganti frasa bercetak miring adalah
A. supaya nienarik, paling diinginkannya
B. amat menanik, akan diinginkannya
C. tetap menanik, diinginkan sekali
D. Lebih menarik, sangat diinginkannya
E. sangat menarik, sudah diinginkannya

43. Bacalah paragraf berikut!
Tidak sulit merawat lobster di luar habitat aslinya. Menurut Handoko, seorang peternak lobster, agar anak lobster nyaman pada dasar kolam disusunlah karang-karang meniru habitatnya. Untuk mencegah mutualisme saat anggota keluarga palunuridae berganti kulit, kolam diberi tanaman air agar tidak dimangsa sesamanya.

Kata yang tepat rnenggantikan kata bercetak miring adalah
A kanibalisme
B. komensalisme
C. intimidasi
D. infiltrasi
E. regenerasi

44. Bacalah paragraf berikut!
Pertarna yang perlu kita lakukan adalah menentukan topik. Kemudian langkah berikutnya adalah menyusun kerangka berdasarkan topik tersebut. Kerangka karangan yang sudah kita susun tersebut lalu kita kembangkan menjadi bentuk karangan utuh. Adapun langkah yang terakhir adalah melakukan penyuntingan dan pemilihan judul yang tepat...

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
A. Hal inilah yang perlu kita perhatikan dalam menyunting sebuah karangan.
B. Begitulah yang perlu kita perhatikan dalam memilih isi dan bentuk karangan.
C. Jadi, yang perlu kita perhatikan dalam menyusun kerangka karangan.
D. Demikian hal dalam menentukan topik karangan.
E. Itulah hal-hal yang perlu kita lakukan dalarn menulis karangan.

45. Bacalah paragraf berikut!
Dalam tempo singkat, buku menguasai teknologi membuka lapangan kerja di era globalisasi yang dipajang di stan pameran habis.

Penulisan judul buku yang tepat adalah
A. Menguasai Teknologi Membuka Lapangan Kerja Di Era Global isasi
B. Menguasai Teknologi Membuka Lapangan Kerja di Era Globalisasi
C. Menguasai Teknoiogi Membuka Lapangan Kerja di Eraglobalisasi
D. Menguasai teknologi Membuka lapangan kerja di Era globalisasi
E. Menguasai teknologi membuka lapangan kerf a di Era Globalisasi

46. Bacalah pantun berikut!
Angin bertiup kembangkan layar
Kapal singgah di perbatasan
.....
Kelak dewasa banyak wawasan

Larik yang tepat untuk melengkapi pantun tersebut adalah
A. Anak kecil gemar membaca
B. Mendidik anak sejak lahir
C. Sejak kecil rajin belajar
D. Kini jujur dan bersahaja
E. Kalau Anda rnau mengajar

47. Bacalah kutipan drama berikut!
Yulia : Aku ingin lulus ujian tahun mi.
Annisa: Aku ingin tidak sekedar lulus, tapi juga hasilnya memuaskan!
Yulia : …….
Annisa : Caranya? Ya, tentu saja belajar dengan giat, berdoa kepada Tuhan dan minta restu kepada kedua orang tua.

Kalimat untuk melengkapi dialog drama tersebut adalah
A. Akujuga ingin demikian, tapi masa bodohlah.
B. Akujuga ingin demikian, tapi tidak usah dipikirkan.
C. Tapi aku sudah belajar dengan giat.
D.Aku juga ingin seperti itu, tapi bagaimana caranya.
E. Aku juga ingin seperti itu, tapi biarlah.

48. Bacalah penggalan resensi ini dengan cermat!
Buku Gambang Jakarta karya Firman Muntaco adalah buku kumpulan cerpen. Cerpen-cerpen Firman sungguh merupakan potret zamannya. Kisah-kisah dalam buku ini menggambarkan kondisi sosial masyarakat Betawi pada masa itu. Bagaimana rumah tangga orang Betawi, bagaimana pandangan mereka terhadap tradisi, dan bagaimana mereka menghadapi zaman.
Gaya penceritaan Firman memang khas Betawi, Sebagai bentuk ungkapan pertanggungjawaban putra Betawi, cerpennya pun ditulis dalam bahasa Betawi. Firman percaya bahasa Betawi yang paling tepat untuk menyatakan pikiran, kejiwaan, dan perasaan tokoh-tokohnya. Dibalut dengan selera humor yang kuat, kelincahan cerita yang memikat, dan kesinisan yang kadang mengundang senyum, cerpen-cerpen dalam “Gambang Jakarta” menjadi memukau.

Kalimat resensi (penilaian) yang menyatakan kelemahan buku tersebut adalah
A. Buku Gambang Jakarta hanya memotret kondisi sosial masyarakat Betawi pada masa tertentu dan tidak memiliki pandangan orang Betawi secara umum.
B. Firman memakai gaya penceritaan yang khas tetapi kelincahannya dalam bercerita membuat karyanya menjadi memukau.
C. Pembaca yang tidak memahami bahasa Betawi sulit memaknai ceritanya karena banyak kosa kata yang sudah tidak digunakan saat ini.
D. Kumpulan cerpen Gambang Jakarta mampu mengangkat kehidupan dan tradisi masyarakat Betawi dalam menghadapi tantangan zaman.
E. Kumpulan cerpen karya Firman penuh dengan humor, bahkan menimbukan kesinisan yang mengundang senyum pembaca.

49. Perhatikan puisi berikut ini!
CINTAKU JAUH Dl PULAU
Cintaku jauh di pulau
Gadis manis, sekarang iseng sendiri
Perahu melancar, bulan memancar
Di leher kukalungkan ole-ole buat si pacar,
angin membantu, laut tenang tapi terasa
aku tidak kan sampai padanya
Di air yang tenang, di angin mendayu
di perasaan penghabisan segala melaju
Ajal bertahta, sambil berkata
“Tujukan perahu ke pangkuanku saja”
Amboi! jalan sudah bertahun kutempuh
perahu yang bersama kan merapuh
mengapa ajal memanggil dulu
sebelum berpeluk dengan cintaku!?
Manis kujauh di pulau
kalau kumati dia mati iseng serxliri
(Chairil Anwar)

Kalimat kritik yang sesuai untuk puisi tersebut adalah
A. Puisi Cintaku Jauh di Pulau sangat istimewa karena memuat kalimat tanya dan kalimat seru yang jarang digunakan penyair lain.
B. Puisi-puisi yang dibuat Chairil Anwar menggunakan kata-kata yang sederhana sehingga kurang menunjukkan keindahan.
C. Diksi yang digunakan sangat sulit diartikan karena puisi Cintaku Jauh di Pulau banyak berupa kiasan yang bermakna ganda.
D. Chairil Anwar merupakan penyair yang terkenal sehingga karya-karyanya patut mendapat pujian.
E. Puisi Cintaku Jauh di Padau mengandung makna yang mendalam jika kita tahu maksud puisi tersebut.

50. Bacalah cerpen berikut!
Aku tersentak.
“Non, Ibu .. Ibu ...!“ Mbok Ni tergopoh menghampiriku. Suaranya bergetar karena panik. Wajahnya tampak pucat.
Kuletakkan buku Fisika yang sedang kubaca di meja, lalu kurebut gagang telepon dan Mbok Darmi. Telepon dan kepolisian.
“Apa? Ibu kecelakaan? Di rumah sakit mana, Pak?” tak lagi mampu berdiri, aku terduduk di lantai.
“Baik, saya segera ke sana,” jawabku berusaha untuk tetap tenang. Namun, tak urung juga air mataku keluar. Jantungku berdetak kencang, terasa semuanya menjadi gelap gulita.

Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut adalah
A. Di dalam monolog ada emosi dan peristiwa sehingga rnarnpu membuat cerita lebih menanik.
B. Tidak adanya konflik dalam cerpen ini menjadikan peristiwa yang dipaparkan terasa hambar.
C. Terasa benar fungsi dialog dalam cerpen ini sebagai sarana mengembangkan konflik dan menghidupkan tokoh cerita.
D. Ketika konflik cerita menjadi buntu dan tidak berkembang, monolog menjadi satu sehingga menutupi kelemahan cerita
E. Sementara ini, penulis meyakini bahwa dialog atau monolog dalam cerita sekadar memperpanjang tulisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar