Selasa, 10 Januari 2017

Aplikasi PhET ( Physics Education and Technology )

Aplikasi PhET ( Physics Education and Technology )

PhET merupakan simulasi interaktif fenomena-fenomena fisis,berbasis riset yang diberikan secara gratis. PhET adalah simulasi ilmu fisika, ilmu kimia, ilmu biologi, ilmu kebumian dan matematika.
PhET (Physics Education Technology)  ialah sebuah situs yang menyediakan simulasi pembelajaran fisika dan kimia yang gratis untuk di download untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar individu. PheT merupakan software pembelajaran dari Universitas Colorado.
Simulasi yang disediakan PhET sangat interaktif yang mengajak siswa untuk belajar dengan cara mengeksplorasi secara langsung. Simulasi PhET ini membuat suatu animasi fisika yang abstrak atau tidak dapat dilihat oleh mata telanjang, seperti : atom, elektron, foton, dan medan magnet. Interaksi yang dilakukan berupa menekan tombol, menggeser benda atau memasukkan suatu data. Kemudian saat itu juga akibat dari interaksi yang dilakukan akan segera terlihat.
Untuk eksplorasi secara kuantitatif, simulasi PhET ini memiliki alat-alat ukur di dalamnya seperti penggaris, stop-watch, voltmeter, dan termometer. kalian tinggal memakainya untuk mengukur suatu besaran. Hebat bukan? Benar-benar seperti memiliki laboratorium fisika sendiri, namun yang kita miliki ialah laboratorium virtual.
Simulasi PhET ini sendiri mudah digunakan, selain online langsung, sahabat pun dapat mengguanakannya secara offline di rumah. Dengan syarat di komputer sahabat mempunyai program Java dan Flash. Tetapi, sahabat tidak perlu bingung apabila tidak memiliki software tersebut karena di PhET sendiri menyediakan download paket simulasi + Java + flash.
Di samping itu ada juga fitur “Teacher Idea and Activities” untuk membantu guru dan siswa melakukan kegiatan sesuai kategori yang ada.

untuk lebih jelasnya kalian bisa liat di video ini :
BY DHESSY NURAINUN

Cara mendownload, menginstal dan menjalankan Software PhET Simulations

Berikut saya akan menjelaskan Cara mendownload, menginstal dan menjalankan Software PhET Simulations, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan klik download pada link yang sudah saya sediakan di postingan Software Simulasi untuk Belajar IPA 
  2. Setelah anda klik download maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini ! (lihat gambar), kemudian klik "Save File" lihat yang sudah dilingkari warna merah tersebut.
  3. Kemudian tunggu sampai proses download selesai,
  4. Jika sudah selesai bukalah file tersebut buka file "Downloads" (lihat gambar)
  5. Kemudian cari filenya dengan nama "PhET-Installer"
  6. Kemudian klik file tersebut, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini ! klik "Next>"
  7. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini !, kemudian pilih "accept the agreement" dan klik "Next."

    8.  Kemudian muncul lagi seperti dibawah ini ! kemudian klik "Next>" lagi ya..setelah itu tunggu proses instalasi sampai selesai.

    9. Jika sudah selesai tampilan aplikasi akan muncul di layar Dekstop komputer/laptopmu,kemudian pilih aplikasi tersebut untuk membukanya

    10. Setelah dibuka akan muncul tampilan sperti dibawah ini ! pilih lah menu yang dilingkari warna merah tersebut.

    11. Kemudian pilihlah materi yang kamu inginkan.

    12. Kemudian klik "Run Now" untuk membuka.
    13. Kemudian muncul tampilan pop up seperti dibawah ini ! pilih "Ok"
     14. Setelah itu akan muncul simulasi tersebut, berikut  contoh tampilannya,
    15. Selamat mencoba, semoga sukses dan belajarmu lebih menyenangkan
    16. Inilah link Video cara membuka software PhET Simulations "https://www.youtube.com/watch?v=R9gvLv7iYDk

    BY LARAS PUTRI ULANDARI
    Kelebihan dan kekurangan software aplikasi PhET
    Diera teknologi saat ini sudah tidak jaman lagi bagi guru IPA umumnya dan guru Fisika khususnya untuk tidak melaksanakan praktikum di laboratorium dengan alasan klasik tidak tersedianya fasilitas sarana-prasana laboratorium IPA. Physics Education Technology atau PhET merupakan sebuah solusi yang tanggap jaman terhadap perkembangan teknologi pembelajaran. PhET dikembangkan oleh Universitas Colorado di Boulder Amerika (University of Colorado at Boulder) dalam rangka menyediakan simulasi pengajaran dan pembelajaran MIPA berbasis laboratorium maya (virtual laboratory) yang memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran.
    Software aplikasi PhET mempunyai kelebihan dan kekurangan diantaranya :
    Kelebihan :
    Simulasi interaktif PhET sangat menarik sekali karena sangat asyik, mudah, dan menyenangkan sekali. Selain online langsung, Simulasi interaktif PhET juga dapat digunakan secara offline di kelas atau dirumah. Simulasi ini ditulis dalam Java dan Flash dan dapat dijalankan dengan menggunakan web browser baku selama plug-in Flash dan Java sudah terpasang . tidak perlu bingung tidak mempunyai softwarenya karena di PhET sendiri menyediakan download paket simulasi + Java + flash. Dengan kata lain, simulasi-simulasi interaktif PhET merupakan simulasi yang ramah pengguna (user friendly) dan GRATIS di download untuk kepentingan pengajaran di kelas atau dapat digunakan untuk kepentingan belajar individu, softwarer PhET juga tidak mudah terserang virus dan hang dan juga memiliki file lebih kecil. Simulasi-simulasi interaktif PhET merupakan gambar bergerak (animasi), interaktif dan dibuat seperti layaknya permainan dimana siswa dapat belajar dengan melakukan eksplorasi. Simulasi-simulasi tersebut menekankan korespondensi antara fenomena nyata dan simulasi komputer kemudian menyajikannya dalam model-model konseptual fisis yang mudah dimengerti oleh para siswa.
    Kekurangan :
    Kekurangan dari software PhET ini adalah : Aplikasi  dan Game yang dijalankan sangat terbatas yaitu untuk file berformat “.Jar” saja.
    Kekurangan Phet Simulation sebagai media pembelajaran yang ber-basis laboratorium virtual, di antaranya sebagai berikut :
    1. Keberhasilan pembelajaran berbantuan laboratorium virtual bergantung pada kemandirian siswa untuk mengikuti proses pembelajaran.
    2. Akses untuk melaksanakan kegiatan laboratorium virtual bergantung pada jumlah fasilitas komputer yang disediakan sekolah.
    3. Siswa dapat merasa jenuh jika kurang memahami tentang penggunaan komputer sehingga dapat menimbulkan respon yang pasif untuk melaksanakan percobaan virtual.
    Manfaat dari simulasi PhET yang telah diuji dapat diuraikan sebagai berikut :
    1. Dapat dijadikn sutu pendekatan yang membutuhkan keterlibatan dan interaksi dengan siswa.
    2. Memberikan  feedback yang dinamis.
    3. Mendidikan siswa agar memiliki pola berfikir kontruktivisme, dimana siswa dapat menggabungkan pengetahuan awal dengan temuan-temuan virtual dari simulasi yang dijalankan.
    4. Membuat pembelajaran lebih menarik karena siswa dapat belajar sekaligus bermain pada simulasi tersebut.
    5. Menvisualisasi konsep-konsep fisika dalam bentuk model. Seperti electron, photon, molekul, dll.


    BY : FADILA
    Daftar Pustaka
    Anonim. (2016). What Is PhET ? [Online]. tersedia https://phet.colorado.edu/in/about.html. diakses pada [
              29 November 2016]

    Anonim. (2013). Simulasi dan Animasi Fisika PhET [Online]. tersedia https://fisikafitri.wordpress.com
              /2013/0/19/simulasi-dan-animasi-fisika-phet/.html. diakses pada [
    29 November 2016 ]

      http://dhessynurainun012.blogspot.co.id/2016_11_01_archive.html

2 komentar: